- GARIS
Garis merupakan rangkaian yang tersusun dari titik-titik yang menyambung dengan kerapatantertentu. Garis memiliki sifat memanjang dan memiliki arah tertentu. Garis juga bisa dimaknai sebagai batas limit dari suatu bidang dan warna Garis dapat dibagi menjadi dua, yaitu
- Garis Alamiah, yaitu garis cakrawala alam yang dapat dilihat sebagai batas antara permukaan laut dan langit.
- Garis Buatan, terdiri dari:
- Garis yang sengaja dibuat, contohnya garis hitam pada gambar ilustrasi untuk menciptakan bentuk dan figur.
- Garis yang tidak sengaja dibuat, timbul karena tercipta dari dua bidang dengan warna yang berbeda. Beberapa jenis garis beserta kesan yang ditimbulkannya diantaranya seperti berikut ini:
a. Garis lurus vertikal berkesan stabil/statis, tenang, kekuatan atau kemegahan
b. Garis horizontal dapat mengungkapkan kesan tenang, wawasan luas
c. Garis putus-putus dapat mengungkapkan kesan gerak dan gelisah
d. Garis silang atau diagonal yang dapat mengungkapkan kesan gerak, ringan, dinamis, tegang, dan ragu
e. Garis lengkung yang dapat mengungkapkan kesan luwes, lamban, irama, dan santai dan kehidupan
f. Garis zig zag berkesan gairah, semangat, dinamika atau gerak cepat
g. Garis spiral memberikan kesan kelahiran atau gelombang kekuatan
- ILUSTRASI
a. Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang berarti menjelaskan. Ilustrasi merupakan seni membuat gambar yang berfungsi Memperjelas dan Menerangkan, Sebuah tanda yang tampak, yang mampu mengkomunikasikan permasalahan “Tanpa Menggunakan Kata”
b. Dari cara pengerjaannya ilustrasi dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :
1.Ilustrasi tangan atau manual atau freehand
2.Ilustrasi fotografi
3.Ilustrasi komputerisasi
c. Berdasarkan Model/Image yang digunakan ilustrasi dibedakan menjadi 2, yaitu :
1. Ilustrasi Image Bitmap
2. Ilustrasi Image Vektor
- TIPOGRAFI
Dari artinya “TYPOGRAPHY” (Tipografi) adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia.
A. Tipografi dalam fungsinya sebagai unsur tata letak secara umum berupa teks yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
1.Judul (Headline)
2.Sub Judul (Sub Headline)
3.Naskah (Bodycopy)
4.Logotipe (Logotype)
B. Kejelasan bentuk huruf (legibility) adalah tingkat kemudahan mata mengenali suatu karakter / rupa huruf / tulisan tanpa harus bersusah payah. Hal ini bisa ditentukan oleh:
1.Kerumitan desain huruf, seperti penggunaan siripan, kontras goresan, dan sebagainya.
2.Penggunaan warna
3.Frekuensi pengamat menemui huruf tersebut dalam kehidupan sehari-hari
C. Keterbacaan (readability) adalah tingkat kenyamanan / kemudahan suatu susunan huruf saat dibaca, yang dipengaruhi oleh:
1.Jenis huruf
2.Ukuran
3.Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, kerning, perataan, dan sebagainya
4.Kontras warna terhadap latar belakang
- WARNA
Warna dalam layout dapat menyampaikan moods, membuat gambar, menarik perhatian, dan mengidentifikasi objek. Ketika memilih warna untuk publikasi atau halaman web, tentang apa yang ingin Anda lakukan dan ke warna apa yang cocok untuk tujuan anda. Warna dapat digunakan untuk:
1.Sorot elemen penting dan utama seperti subheads.
2.Menarik mata.
3.Sinyal di mana pembaca untuk melihat terlebih dahulu.
4.Membuat gambar atau moods.
5.Mengatur.
6.Bersama kelompok elemen atau mengisolasi mereka.
7.Memprovokasi emosi.
- GELAP TERANG
Salah satu cara terbaik untuk memudahkan unsur penangkapan pesan dalam visual grafis adalah dengan mengatur gelap dan terangnya. Ada dua pembagian dalam kategori ini, yaitu :
- Low Contrast Value yang berarti penggunaan warna-warna yang kurang kontras. Visual yang dihasilkan akan cenderung kalem, statis, dan sederhana serta tenang.
- High Contrast Value, yaitu penggunaan warna-warna kontras dengan ekstrim, sehingga menghasilkan visual yang enerjik, ceria, dinamis, dramatis, dan penuh gairah.
Berdasarkan nilai dalam gelap dan terangnya, warna dibagi menjadi beberapa tingkatan. Paling terang adalah warna putih, kemudian warna tergelap adalah hitam. Aturannya, warna gelap akan terbaca jika ditempatkan pada background terang. Begitu pula sebaliknya, warna terang akan sangat mudah terbaca jika ditempatkan pada backgroundgelap.
- TEKSTUR
Tekstur merupakan nilai raba atau lebih mudahnya adalah halus dan kasarnya sebuah permukaan benda. Dalam desain grafis, penggunaan tekstur dapat dimayakan untuk memberikan visual yang lebih berkarakter. Tekstur sering digunakan untuk mengatur keseimbangan dan kontras dalam sebuah desain komunikasi visual. Tekstur dapat digunakan untuk :
- Memberikan publikasi cetak, presentasi, atau halaman web yang mood atau kepribadian.
- Kontras untuk membuat bunga.
- Bermain-main mata.
- Memprovokasi emosi. Membuat rasa kekayaan dan mendalam
- RUANG
Ruang adalah jarak antara atau daerah atau sekitar sesuatu. Memisahkan ruang atau unifies, highlight, dan memberikan mata visual istirahat. Ruang dapat digunakan untuk:
1.Memberikan mata visual istirahat.
2.Membuat hubungan antara unsur-unsur.
3.Sorot salah satu elemen.
4.Menaruh banyak spasi sekitar yang penting untuk memanggil perhatian kepadanya.
5.Membuat layout mudah untuk mengikuti.
6.Membuat tipe dibaca mungkin.
juossss broo
BalasHapusRuang adalah jarak antara atau daerah atau sekitarsesuatu
BalasHapusBermanfaat
BalasHapusBermanfaat
BalasHapusBermanfaat
BalasHapusmantapp
BalasHapus