Selasa, 12 Mei 2020

Jenis Scanner

Dalam materi Desain Grafis, kata SCANNER ini masuk dalam kategori hardware yang sangat dibutuhkan dalam membuat gambar manual menjadi gambar digital. Beberapa pertanyaan mulai apa sih Scanner itu? digunakan untuk apa? jenis atau macam scanner apa saja?

Nah...semua itu akan kita coba untuk menjelaskan terkait pertanyaan itu dari berbagai sumber.

Scanner adalah alat yang di fungsikan untuk memindai data atau benda fisik ke bentuk digital untuk disimpan yang selanjutnya diolah oleh komputer.

Terkait dengan jenisnya, Scanner dibagi beberapa macam :
1. Berdasarkan Penempatan dan Manfaatnya Scanner dibagi menjadi 4, yaitu :
A. Scanner Flatbed

Scanner ini biasanya banyak dipakai dikantor, ciri fisiknya ada kaca datar yang digunakan untuk memindai selembar kertas, baik itu berupa gambar, dokumen atau foto cetak. Kemudia ada lampu yang berjalan pada saat proses memindai.

B. Scanner Hand-held

Scanner ini cara menggunakannya dengan cara dipegang dengan tangan. Contohnya : Scanner Barcode, Test Suhu Badan, Pembaca Tulisan Cetak.

C. Automatic Document Feeder

Scanner berjenis ini digunakan untuk memindai dokumen dalam julah banyak dengan waktu yang singkat dan sangat cepat. Memiliki wadah khusus untuk persiapan dokumen cetak yang akan dipindai menjadi dokumen digital.

D. Drum
Merupakan jenis scaner yang memiliki kemampuan memindai gambar dengan resolusi yang sangat besar, tentunya hasil yang diperoleh juga sangat bagus. Ciri khususnya memiliki Tabung untuk proses pemindahan gambar.

2. Berdasarkan Object yang dipindahi Scanner dibagi menjadi 4, yaitu :
A. Image Scanner

Yaitu , scanner yang digunakan untuk memindahkan gambar atau image.

B. Optical Character Reader (OCR)

Yaitu , scanner yang digunakan untuk mengambil teks dari kertas yang dipindahi dan bisa diolah lagi dengan aplikasi pengolah teks pada komputer.

C. Barcode Scanner

Yaitu , scanner yang mampu membaca balok – balok barcode dalam bentuk alfabet. biasanya ditemukan di supermaket atau pusat perbelanjaan.

D. Heuristik Scanner

Yaitu , scanner yang dapat membaca kode – kode berdasarkan aturan tertentu.

Semoga bermanfaat informasi yang telah dipaparkan diatas...
Semangat untuk belajar dan budayakan literasi.

0 komentar:

Posting Komentar